Pantangan Asam Urat yang Sebaiknya Anda Hindari

Rematik merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh naiknya kadar asam urat dalam darah di atas kisaran normal yang berakibat pada munculnya rasa nyeri dibagian persendian tertentu pada tubuh Anda. Untuk mengurangi rasa sakit pada persendian, penderita rematik harus menjaga pola makannya agar dapat menjaga kadarasam urat pada darah tetap pada kisaran normal. Ada beberapa makanan yang merupakan pantangan asam urat sehingga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita rematik. Lalu, apa saja sih makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit rematik ini? Yuk kita lihat pada arikel berikut ini.

  1. Daging-dagingan

Daging terutama daging merah merupakan makanan yang harus Anda hindari selain pantangan bagi penderita asam urat dari sayuran yang harus dihindari oleh para penderita rematik agar kandungan asam urat mereka tidak melebihi batas. Pada daging merah seperti daging sapi, daging kambing, daging babi, serta daging bebek mengandung purin dalam jumlah sedang yang memicu meningkatnya kandungan asam urat dalam tubuh. Namun, karena kandungan purinnya yang masih tergolong sedang, para penderita rematik masih dapat mengkonsumsinya dengan batasan tertentu. Anda dapat mengkonsumsi daging merah tanpa lemak sebanyak-banyaknya 170 gr dalam sehari.

  1. Sayuran

Tidak semua sayuran berbahaya dan menjadi pantangan. Ada beberapa sayur pantangan bagi penderita asam urat diantaranya adalah bayam, asparagus, kembang kol, jamur, dan kacang polong. Sayuran-sayuran ini memiliki kandungan purin yang tergolong tinggi jadi harus Anda hindari jika Anda merupakan penderita rematik atau memiliki asam urat tinggi. Konsumsi sayuran dengan kandungan purin tinggi menurut beberapa penelitian sebenarnya tidak akan mempengaruhi kadar asam urat dalam darah dan tidak menyebabkan persendian menjadi sakit. Namun, apapun bisa terjadi. Menghindari demi kebaikan diri merupakan pilihan yang bijak.

  1. Makanan laut dan jerohan

Jika Anda merupakan pecinta makan laut dan jerohan, Anda harus mulai mengurangi konsumsinya dari sekarang. Makanan laut merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung purin tinggi. Makanan jenis ini tidak boleh dikonsumsi bagi penderita rematik atau yang memiliki asam urat tinggi. Makanan laut tersebut contohnya ikan yang diasinkan, kerang, ikan sarden, ikan makarel, ikan teri, udang-udangan termasuk lobster, kepiting, serta tiram. Untuk jenis jerohan selain merupakan makanan dengan kandungan purin tertinggi juga merupakan makanan yang dapat meningkatkan kolesterol sehingga harus Anda hindari sebisa mungkin. Mengkonsumsinya dapat membahayakan Anda, apalagi jika Anda sudah berusia lanjut atau memiliki potensi penyakit degeneratif seperti darah tinggi, diabetes, arteroslerosis, dan sebagainya. Selain sayur pantangan bagi penderita asam uratkedua makanan tersebut merupakan makanan yang harus Anda hindari jika mmenderita asam urat tinggi.

  1. Gula dan bir

Meskipun gula memiliki kandungan purin dalam jumlah yang rendah, konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan kandungan asam urat dalam darah dan memicu nyeri sendi, terutama makanan yang mengandung fruktosa. Kita kadang sulit mengontrol konsumsi gula karena banyak sekali makanan yang engandung banyak gula disekitar kita. Bir merupakan minuman yang juga harus Anda hindari karena dapat meningkatkan asam urat dalam darah dengan cepat. Bir juga merupakan salah satu minuman yang menyebabkan dehidrasi, sementara dehidrasi merupakan penyebab nyeri sendi pada penderita rematik. Konsumsi makanan penurun asam urat dapat menjadi salah satu opsi untuk menjaga asam urat tetap dalam kisaran normal.

Pantangan asam urat dapat Anda jadikan sebagai patokan untuk merancang pola makan Anda dan menjaga kandungan asam urat tetap pada kisaran normal sehingga rasa nyeri pada persendian dapat diminimalisir.