Penyebab dan Cara Menghilangkan Panu

Panu memang bukan penyakit yang menimbulkan rasa sakit, namun cukup menyengkelkan ya? Pasalnya, panu membuat Anda gatal sepanjang waktu terutama saat banyak berkeringat. Jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur ini cukup mengganggu karena menimbulkan flek berwarna putih yang sangat terlihat. Ada banyak cara menghilangkan panu yang dapat Anda gunakan baik dengan cara alami maupun dengan menggunakan obat dan salep. Sebelum kita mempelajari berbagai cara menghilangkan jamur kulit ini, yuk kita kenali dulu apa sebenarnya panu itu.

  1. Apakah panu itu?

Panu disebut dalam bahasa kedokteran dengan sebutan Tinea versicolor, sebuah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Jamur yang menyebabkan panu di kulit kita adalah jenis candida albicans. Ciri ciri panu antara lain muncul pada bagian lipatan seperti leher, atau pada bagian tubuh lain seperti punggung dan wajah. Kemunculan panu dapat Anda amati dengan adanya bercak putih pada kulit Anda yang akan terasa gatal. Walaupun bukan termasuk sebuah penyakit kulit yang berbahaya, panu merupakan penyakit yang sangat ditakuti sebagian masyarakat. Hal ini dikarenakan panu identik dengan orang yang kurang menjaga kebersihan terutama kebersihan badan. Sehingga mempunyai panu merupakan salah satu hal yang memalukan.

  1. Apa penyebabnya?

Ada beberapa hal penyebab panu yang dapat Anda waspadai. Yang pertama adalah suhu udara dengan kelembaban yang tinggi. Saat suhu udara tinggi dengan kelembaban yang tinggi pula, kulit Anda akan cenderung mengeluarkan keringat dan membuat tubuh kita menjadi lebih basah. Kondisi lembab ini merupakan kondisi yang cocok sebagai media pertumbuhan jamur penyebab panu. Yang kedua adalah suhu yang terlalu panas. Yang kedua adalah jarang ganti baju dan mandi. Jarang ganti baju dan mandi merupakan sebuah cerminan bahwa Anda tidak menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Saat tubuh lengket karena keringat, jamurakan sangat mudah muncul. Mandi merupakan salah satu kegiatan yang dapat mencegah timbulnya panu karena setelah mandi, kulit akan bersih dari keringat. Yang terakhir adalah satu handuk yang dipakai oleh beberapa orang. Jamur akan lebih mudah menular melalui media seperti handuk yang dipakai oleh beberapa orang secara bergantian.

  1. Bagaimana cara mengatasinya?

Ada beberapa cara menghilangkan penyakit kulit ini tentunya dengan menghindari penyebab panu yang termasuk efektif dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Yang pertama adalah menggunakan bawang putih. Bawang putih dapat menghilangkan panu karena memiliki kandungan zat anti jamur. Cara pengaplikasiannya adalah dengan menempelkan bawang putih yang sudah dipotong pada kulit yang terkena panu, gosokan pada bagian yang berpanu secara teratur 2 kali sehari. Yang kedua adalah dengan menggunakan lengkuas dan garam. Campuran lengkuas dan garam dapat dlgunakan sebagai salah satu cara ampuh untuk menghilangkan panu yang sudah dilakukan secara turun temurun. Caranya dengan mengoles garam pada bagian kulit yang berpanu kemudian gosokan lengkuas pada kulit tersebut. Lakukan secara rutin untuk dapat menghilangkan panu dengan maksimal. Masih ada beberapa rempah lainnya seperti jahe, ada juga kapur sirih, belimbing wuluh, dan belerang yang dapat Anda gunakan sebagai penghilang panu.

Cara menghilangkan panu secara tradisional dapat Anda pilih sesuai dengan ketersediaan rempah dirumah Anda. Selain rempah dan beberapa bahan lain seperti belerang. Anda juga dapat menggunakan salep yang dapat dengan mudah Anda jumpai di apotek terdekat. Semoga artikel ini dapat memberi cukup info mengenai panu dan cara mengatasinya.