Yuk Mengenal Keunikan Budaya Lombok

Budaya yang ada di Lombok sangatlah banyak, dan menjadi daya pikat yang kuat untuk para wisatawan lokal maupun mancanegara yang menginginkan untuk meihat suatu budaya yang bagus di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa budaya yang ada di daerah Lombok untuk wajib anda ketahui yang dirangkum dari infosoalpelajaran.com :

Budaya Lombok

Budaya Lombok

1. Gendang Beleq

Gendhang beleq merupakan alat musik yang berbentuk besar. Gendang ini terdiri dari gendang laki-laki dan juga gendhang perempuan. Berfungsi sebagai dinamika.

2. Bau Nyale

Baunyale merupakan suatu peristiwa yang sangat terkenal dan juga sakral bagi suku sasak. Tradisi inidi awali oleh puteri raja yang bernama puteri mandalika yang sangat cantik, karna kecantikannya inilah banyak sekali pria yang menginginkannya. Ada salah satu putera dari kerajaan lain yang inginmeminangnya, dan apabila ditolak dapat menimbulkan suatu peperangan. Lalu puteri Mandalika yang tidak mau menerima pinangan itu akhirnya menceburkan diri ke laut lepas pada tanggal 20 bulan ke sepuluh.

3. Upacara Rebo Bontong

Upacara ini digunakan untuk menolak bala, dan dilaksanakan setiap tahun pada hari rabu minggu terakhir pada bulan Ramadhan. Suku sasak percaya bahwa puncak terjadinya bala atau mara bahaya adalah saat hari rebo bontong. Sehingga tidak dianjurkan untuk melakukan pekerjaan pada hari itu.

4. Slober

Slober adalah salah satu jenis musik yang sudah sangat tua. Akat musiknya terdiri dari pelepah enau yang mempunyai panjang sekitar 1 jengkal dengan lebar 3 cm.

5. Lomba Memaos

Lomba Memaos atau disebut juga dengan membaca lontar yaitu menceritakan cerita pada zaman dahulu, pembacaannya dilakukan secara berkelompok.

6. Pariseian

Pariseian merupakan salah satu seni bela diri yang berasal dari Lombok. Pada awalnya adalah sebuah latihan pedang dan juga perisai sebelum berangkat ke dalam medan peperangan.

7. Begasingan

Begasingan merupakan salah satu permainanyang juga mengandung unsur olahraga, permainan ini juga sudah sangat terkenal di suku sasak.

8. Bebubus Batu

Bebubus batu merupakan salah satu warisan budaya yang dimliki oleh suku sasak yang ada didaerah kecamatan swela. Berasal dari kata bubus yaitu obat atau ramuan yang terbuat dari beras yang dicampurkan dengan tanaman. Dan batu yang merupakan tempat untuk dilaksanakannya upacara kekeramatan.

9. Tandang Mendet

Tandang mendet merupakan tarian perang yang sudah ada sejak zaman dahulu saat kerajaan selaparang masih dalam keadaan yang berjaya. Tarian ini menggambaran tentang keprajuritan serta peperangan. Tarian ini biasa dibawakan oleh belasan orang dengan memakai atribut berupa pakaian khas dengan menggunakan tombak, temang dan senjata lainnya dengandiiringi musik gendhang beleq.

10. Sabuk belo

Sabuk belo merupakan sabuk yang memiliki panjang 25 meter, yang merupakan warisan turun temurun yang dapat kita temukan di daerah Lenek daya. Sabuk belo biasanya akan dikeluarkan saat Maulid bleq, yaitu tanggal 12 Rabiul Awal.

Demikianlah pembahasan saya mengenai kebudayaan yang ada di Lombok, semoga dapat bermanfaat, dan kita sebagai anak bangsa haruslah melestarikan semua budaya yang ada di negeri kita.

Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.